Kamis, 01 Maret 2012

cat bunglon


Selain permainan airbrush, masih ada lho teknik pengecatan lain yang belum banyak diaplikasi modifikator. Yakni aplikasi cat bunglon dan glitter. Teknik ini baru umum diaplikasi HD custom dan mobil kontes.


Sesuai namanya, cat bunglon tak lain cat yang seolah dapat berubah warna. “Tergantung sudut pandang atau pantulan cahaya. Sehingga berkesan punya dua, tiga, sampai enam warna yang muncul,” jelas Rudy Sudja, bos Creative Custom Paint di Jl. Petojo Sabangan 1 No. 46A, Cideng, Jakarta Pusat.
Tak semua pabrikan mengeluarkan cat yang juga lazim disebut magic color ini. Yang biasa diaplikasi biasanya lansiran Spies Hacker atau Sherwin Williams. Tentu soal harga, cat ini jauh lebih mahal dibanding warna solid atau metalik biasa.
“Lantaran terlalu mahal, bisa saja diakali pakai cat biasa, tapi dengan teknik pengecatan berbeda,” imbuh Tomy Gunawan, airbrusher from Jl. Pademangan II, No. 11, Jakarta Utara ini.
Menurut Tomy, kalau pengin kelir merah keemasan, minta tukang cat untuk melapis dulu kelir merahnya. Tunggu sampai kering, baru timpa lagi cat mutiara rona keemasaan (gbr. 1). “Tapi, hasilnya masih kalah jauh dibanding cat magic color asli,” pesan Tomy.
Syarat lain, tukang cat mesti jago biar hasil akhir tetap sama alias nggak belang. Jika warna cat yang dicari tak ada di pasaran, bisa minta ke tukang cat untuk mengaduk dari cat dasar (gbr. 2).
Nah, sekarang bahas soal cat glitter. “Cat jenis ini memberi kesan di balik pernis ada butir-butir mutiara mengilap. Dari jauh kayak bersinar,” timpal Rudy. Cuma, lagi-lagi cat impor super mahal yang jadi favorit.
Juga jangan takut. Atasi dulu pakai glitter kosmetik dari alat perlengkapan rias wanita. “Lebih sip kalau bikin dengan mengaduk partikel cat metalik dengan pernis. Perbandingannya 1 gram metalik, dan 100 gram pernis,” imbuh Tomy.
Eits, lupa. Kalau sampeyan ingin aplikasi cat glitter, nosel di spray gun mesti ganti ke ukuran 1,3 mm atau 1,5 mm. Untuk cat bunglon sebelumnya, bisa pakai nosel 1 mm sampai 1,3 mm (gbr.3). “Biar nggak macet akibat partikel di cat glitter atau bunglon yang gede,” tutup Tomy yang nggak gitcu deh.

1 komentar: